Fungsi dan Pentingnya Perusahaan Menyusun Annual Report atau Laporan Tahunan

Fungsi dan Pentingnya Perusahaan Menyusun Annual Report atau Laporan Tahunan

Sejumlah perusahaan di Indonesia diharuskan, bahkan wajib, menyusun Annual Report atau Laporan Tahunan. Kewajiban menyusun Annual Report diberlakukan bagi perusahaan perusahaan-perusahaan di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). OJK mengatur ketentuan penyusunan Annual Report melalui PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 29/POJK.04/2016 TENTANG LAPORAN TAHUNAN EMITEN ATAU PERUSAHAAN PUBLIK

Pasal (1) Peraturan OJK tersebut menyebutkan: “Laporan Tahunan adalah laporan pertanggungjawaban Direksi dan Dewan Komisaris dalam melakukan pengurusan dan pengawasan terhadap Emiten atau Perusahan Publik dalam kurun waktu 1 (satu) tahun buku kepada Rapat Umum Pemegang Saham yang disusun berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan ini.

Dalam Pasal (2), disebutkan bahwa: “Direksi wajib menyusun Laporan Tahunan”. Artinya, Dewan Direksi diwajibkan menjelaskan bagaimana perusahaan menerapankan Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau Good Corporate Governance (selanjutnya disebut GCG). Bagaimana perusahaan dapat menyajikan informasi keuangannya dengan baik dan bersifat informatif namun sesuai dengan Tata Akuntansi yang berlaku di Indonesia, saat ini.

Annual Report atau Laporan Tahunan merupakan laporan perkembangan dan pencapaian yang diraih oleh sebuah perusahaan atau organisasi dalam satu tahun. Annual report merangkum laporan keuangan dan prestasi yang dicapai sebuah perusahaan dalam periode satu tahun. Syarat mendasar penyusunan Annual Report adalah data keuangan dan kinerja perusahaan yang akurat.

OJK menyampaikan, fungsi utama penyusunan Annual Report tidak hanya sebagai kewajiban pelaporan kepada pemangku kepentingan. Akan tetapi juga dapat menjadi sarana atau media untuk menyampaikan laporan tentang kinerja, prestasi maupun prospek perusahaan di masa yang akan datang kepada semua pihak, khususnya pemegang saham perusahaan.

Secara sederhana, fungsi dari Annual Report atau Laporan Tahunan adalah sebagai:

  1. Informasi pencapaian kinerja perusahaan dalam satu tahun.
  2. Media pemasaran yang efektif dan kreatif melalui integritas tulisan dan desain.
  3. Meningkatkan daya tarik perusahaan bagi konsumen, pemegang saham maupun publik.
  4. Dokumen lengkap yang menyajikan neraca-laba rugi serta kinerja keuangan singkat perusahaan.
  5. Menjelaskan Job Desc dan fungsi masing-masing bidang kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Content Strategist yang mulai banyak dikenal di Indonesia. 

Sebagai penulis biografi dan ghost writer telah membantu 20 an klien menyelesaikan penulisan bukunya. 

Sebagai content strategis bukan hanya menjadikan situs yang dikelola banyak dikenal oleh klien, tapi juga dengan itu ia dapat membantu penulis profesional lainya dalam mendapatkan klien sesuai kapasitasnya. 

Kini ia mulai merintis self publihing dengan harapan bisa membantu klien mulai dari penulisan konten buku, pewajahan hingga cetak buku sesuai budget yang disediakan oleh setiap klien. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, agency desain, advertising dan yang lainnya untuk tetap memberikan konten yang kreatif dan berkualitas. 

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0857 1149 4600